July 19, 2008

Air Tahu atau Soya Bean juice atau Susu Kedelai





Mampir ke Pontianak, rugi banget kalau ngga nyoba menikmati minuman satu ini, kalau diliat banyak loh jenisnya di Pontianak, ada yang suka searching ngga? ;) udah ketemu berapa jenis coba? :~ kalau saya sudah menemukan beberapa karakter berbeda dari rasa, aroma dan cara penyajiannya, agak-agak mirip tapi kalau dinikmati secara lebih dalem dan menyepap (hehehehe :~ ) akan merasakan sensasi yang berbeda-beda lho :) Btw kalo di Pontianak sendiri hampir disetiap sudut jalan atau bahkan disepanjang jalan ada menyediakan menu ini plus didetiap rumah makan ( apalagi kalau restoran Chinesse) Pasti ada disediakan, tinggal pesan aja dan minuman sehat menyegarkan bakalan langsung datang ;) Selamat Menikmati :~ Mau tahu cara membuatnya...?

Nah cara membuatnya sendiri tergolong gampang, ngga ribet banget kok

Bahan :
Kedelai secukupnya direndam selam kurang lebih 6 jam
1 lbr daun pandan
gula pasir secukupnya
air secukupnya


Cara membuat :
Kedelai dicuci sampaia bersih lalu blender bersama air peras ambil sari kedelai nya, kemudian masak dengan gula pasir dan daun pandan sampai mendidih, angkat , siap untuk disajikan. (lebih enak didinginkan terlebih dahulu).


Apa khasiat Air Tahu? nah :) saya menemukannya, hehehe ternyata biar bayinya jadi putih dan mulus

Air tahu atau susu kedelai yang berasal dari sari kaca kedelai selama ini diketahui mengandung protein yang tinggi. Namun selain kandungan gizinya yang tinggi ternyata ada masyarakat yang percaya, rajin meminum sari kedelai bagi ibu hamil dapat membuat bayi yang dilahirkan nanti kulitnya putih dan mulus.

Oh ya, saya belum cerita yah, perjalanan saya dalam menikmati Air Tahu yang sekarang juga ada versi minuman kalengnya walaupun produksi Malaysia. hohoho :D menyedihkan, Oh ya minuman Cincau Luwra juga udah dikalengin Malay, mantap.....! :z

Minuman Tahu jenis pertama adalah yang Plain alias ngga ada rasa apa-apa cuman rasa khas kedelai yang memang sedikit langu namun menurut saya ada rasa tersendiri yang membuatnya enak buat dinikmati. Rasa beda dari setiap sedotannya hehehe ;) Apalagi kalau misalnya menggunakan gula yang pas dan harum (ada aroma pandan didalam gulanya) dan rasanya sangat cocok disajikan denga ES atau dingin

Jenis kedua yang saya rasakan adalah dengan penambahan jahe didalamnya, dan minuman ini sangat cocok untuk di komsumsi pada saat cuaca dingin karena memberikan efek hangat dan sangat nikmat kalau diminum malam hari. rasa jahe sendiri memberikan efek menghilangkan bau langu sekalian. pas banget nikmatnya

Dua jenis air tahu ini hampir bisa ditemukan disetiap rumah makan serta dipinggiran jalan yang menjual minuman dingin (biasanya gerobak pinggir jalan) dan yang jelas kedua minuman ini dihargai Rp.2000,- sampai Rp.2500,-, klo mau nyari sebaiknya pagi hari dan dipusat jajanan pinggir jal;an (Di depan supermarket kaisar depan katedral) :z :z :z

Nah jenis ketiga adalah Paling Favorit menurut saya, Air tahu yang satu ini ada isinya, ada tahu lembut (tahu sutera) yang ditambahkan didalamnya :~ menyenangkan sekali. ada rasa special, perpaduan antara tahu dan air tahu. Tahu yang digunakan disini adalah tahu setengah jadi jadi bener-bener terasa lembut dan manteb banget rasanya. Saya pernah menemukan air tahu isi ini di gerobak dorong yang terletak didepan pasar kemuning (diseberang jalan pintu masuk pasar, jualannya hanya pagi hari dan minuman ini bisa disajikan dalam keadaan panas ato dingin, harganya Rp2500,- perbungkusnya, ditanggung enak, sehat dan bergizi..... :~ :~

Oh ya Seiring dengan perkembangan zaman dan dunia kuliner, sekarang ini juga banyak sekali modifikasi dari susu kedelai, mulai dari shake, campan aroma buah-buahan dan masi banyak lagi alternatif lain untuk menghidangkan. Terutama untuk yang tidak suka dengan rasa langu... peace..... :z :z :z