Bulan Suci Ramadhan dan SAHABATKU DONY ASMORO











Yah, saya sih tidak menjalankan ibadah puasa, tapi saya sudah terbiasa hidup dilingkungan keluarga yang menjalankan ibadah puasa. Memang kalau berbicara masalah puasa, saya banyak cerita seru yang masih bisa saya ingat dengan jelas dan jadi kenangan tersendiri yang meninggalkan bekas dan cerita. Ada yang sedih, heboh dan juga bermakna dalam. Saya pribadi sangat respect dengan teman-teman yang menjalankan ibadah puasa sebagai bentuk ritual keagaamaan yang memang harus dijalankan.
Kalau diPontianak memang tidak terlalu banyak cerita, lebih banyak di Jawa cerita serunya. Saya cukup lama menghabiskan waktu di Malang Jawa Timur. Sewindu lebih saya di Kota Malang. Kost an saya terletak dijalan sumbersari 4 dan kostan saya kebetulan diberi nama Nucther 44. Cukup lama saya berdomisili disini, paling tidak 3-4 tahun mondok disini. Disini boleh dibilang pertemanannya cukup erat dan tenggang rasa yang cukup tinggi.
 
Ada beberapa teman akrab saya disini tapi yang paling akrab adalah Dony Asmoro. Orangnya super besar dengan kekuatan makan yang juga super. Dalam 1 kali makan, dia mampu menghabiskan 2 bungkus tahu telor dengan porsi penuh. Nah jika bulan puasa ini saya selalu terkenang kebiasaan temen saya yang sangat kocak ini. Berhubung mempunyai nama yang sama, dengan postur tubuh yang kurang lebih. Tapi untung saya punya panggilan Jerry, jadi tidak ada kesamaan.
 
Nah kebetulan juga kami bekerja di satu kantor, paling tidak selain bertemu dikost, kami juga lumayan sering ketemu di kantor. Nah kerjaan ya sebagai reporter dilapangan. Pada saat bulan ramadhan, paling sering batal puasa tekniknya simpel, saat liputan menyingkir kewarung lalu menyedot sebotol teh botol dingin, padahal tiap pagi dikost paling heboh cari sahur.
Saya sendiri juga harus berjibaku untuk mencari sarapan juga karena warung makan hanya buka pada saat sahur dan berbuka. Jadi harus sesuai dengan waktu sahur atau berbuka untuk berburu makanan atau tidak sama sekali. Nah Dony ini walaupun sudah sahur biasanya akan tetap kelaparan. Kebiasaannya setiap jam 9 pagi akan mulai mengetuk ngetuk kamar untuk meminjam mie dan kopi, mengendap endap kedapur dan memasaknya. Untuk menikmati makanan tersebut, agar aman maka akan dipilih kamar saya sembari bermain PlayStation. Saya kebiasaan menyimpan kunci diatas pinti kamar jadi biasanya teman-teman akrab saya biasa nongkrong dikamar.
 
Entah mengapa saya selalu tertawa jika mengingat hal ini, paling heboh saat sahur dan berbuka tapi paling sering tidak berpuasa. Melakukan hal bodoh seperti mengelap mulut hingga terlihat kering dan pecah-pecah. Masih banyak hal lain yang lucu, seperti menantang saya minum minuman keras namun dirinya harus terkapar dikamar saya karena mabok lebih dulu. Teman saya ini juga sangat sayang ama pacarnya, super setia dan akhirnya menikah hingga dikaruniakan seorang putra.
Memang banyak sekali kenangan lucu dan aneh bersama teman saya yang satu ini, saya ingat dulu, waktu teman saya tiap pagi selalu batuk mengerikan akibat kebiasaannya merokok DUNHILL. Saya sering berteriak bahwa batuk seperti itu adalah batuk kubur. Ah terlalu sedih sebenarnya saya menceritakan
 
 TULISAN INI SEBENARNYA SAYA TULIS UNTUK MENGENANG TEMAN SAYA INI, DONY ASMORO, SALAH SEORANG SAHABAT BAIK SAYA YANG TELAH MENINGGAL 2 TAHUN LALU. SEDIH MEMANG. TEMAN BAIK SAYA YANG BANYAK MENYIMPAN CERITA.
SELAMAT JALAN SAHABAT. SAAT RAMADHAN SELALU MENGINGATKAN AKU TERHADAP PERILAKU LUCU MU

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.