Tips Simpel dalam Memasak






Memasak memang dirasakan sulit oleh beberapa orang namun juga dirasakan mudah oleh sebagian orang, ada baiknya juga kita mengetahui beberapa tips yang bisa dipelajari


Tips : Mengurangi lemak dan kolesterol :

v Untuk menjaga kolesterol tubuh, minimalkan memasak dengan cara menggoreng. Lebih baik makanan dikukus, dipanggang atau dioven.

v Jika terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang sehat, seperti; minyak jagung, minyak sayur atau minyak zaitun, usahakan 1 kali pakai, maximal 2 kali pakai.. Untuk menumis selalu gunakan minyak baru (bukan “jelantah”).

v Ketika mengolah daging ayam, usahakan buang kulitnya, atau pilih daging sapi nomer satu, yang tidak banyak mengandung lemak.

v Ikan Bakar supaya lebih lezat rasanya, sebaiknya rendam ikan dengan bumbunya selama dua jam sebelum dimasak di dalam kulkas, agar rasanya masuk ke dalam ikan.

v Untuk mengurangi lemak yang terkandung dalam telur, sebagai ganti 1 butir telur, dengan 2 putih telur.

v Gunakan peralatan memasak (wajan atau panci) antilengket yang memungkinkan Anda memasak tanpa minyak atau hanya memerlukan sedikit minyak, sehingga dapat mengurangi lemak

Tips : Supaya Daging, babat dll cepat Empuk :

v Supaya babat cepat empuk setelah dibersihkan dan saat merebus, beri segenggam beras yang sudah dicuci bersih. Panaskan sampai 30 menit. Angkat dan cucilah lagi babat sampai bersih. Masak sesuai selera.

v Supaya daging ayam kampung empuk dan lezat, Ambilah 1 buah pepaya muda/mentah, kupas,belah 4 dan cuci ersih. Rebus bersama daging ayam, biarkan 20 menit dan angkat Daging ayam siap dimasak sesuai selera anda.

v Tips agar sate empuk dan lezat, ambil 1 buah nanas matang, kupas bersih dan buatlah jus nanas. Rendam daging yang sudah ditusuk ke dalam air nanas (jus nanas), biarkan 5-10 menit. Setelah itu, bakar sate seperti biasa Jangan rendam lebih dari 10 menit, daging akan hancur. Nah sate matang akan terasa empuk dan lezat.

v Tips agar bakwan jempuk, pastikan semua bahan yang dicampurkan dalam bakwan tidak berair / tiris / kering. Kemudian ambil beberapa buah wortel, kupas, cuci dan iris kecil-kecil. Tambahkan irisan wortel ini ke adonan bakwan jagung, aduk rata .Goreng adonan tadi dalam minyak mendidih yang cukup banyak dengan panas sedang sehingga bakwan terendam dan matang sempurna hingga ke bagian dalamnya. Sajikan dalam keadaan hangat.

Tips : Mengatasi masakan yang ke-asinan :

v Mengatasi masakan ke-asinan, ambil 1 buah mentimun, kupas bersih. Irislah menjadi 4-5 potong. Masukan ke dalam masakan yang keasinan Biarkan sampai 3 menit, dan angkat kembali mentimunnya.

v Mengatasi masakan ke-asinan, ambil 2 buah kentang, kupas dan cuci bersih. Rebuslah kentang sampai masak Masukkan kentang kedalam sayur dan panasi lagi sampai mendidih. Kentang akan menyerap garam, setelah itu angkat kentang dari sayur anda


Tips : Memasak Nasi

v Jika memasak beras (saat mengaru beras), agar airnya tidak tumpah keluar, tambahkan 1 sdm mentega atau minyak ke dalam air rebusan

v Tips agar nasi tidak cepat basi : ambil 3 lembar daun pandan Siapkan 1/2 butir jeruk nipis, ambil airnya Campurkan daun pandan dan air jeruk nipis ke dalam panci tempat beras akan dimasak Masak beras di panci tersebut sampai benar-benar masak

v Nasi Wangi, saat menanak nasi jangan lupa tambahkan 5 cm kayu manis. Masukkan kayu manis tersebut saat mengaron nasi atau dalam beras yang sudah diberi air jika memakai rice cooker.

v Nasi supaya harum, tambahkan daun pandan 2 lembar, saat menanak.

v Nasi tidak mudah basi ? Beri 2-3 tetes air jeruk nipis saat menanak nasi

Tips : Menggoreng ikan asin

v Supaya rumah tidak bau khas ikan asin saat kita sedang menggorengnya, maka untuk menghindari hal tersebut , masukkan satu sendok ketumbar kedalam minyak panas, kemudian gorenglah ikan asin anda, maka anda akan terbebas dari bau khas ikan asin.

Tips : Memasak Ikan

v Agar ikan amis nya ilang ? Ikan yang sudah disiangi,di taburi dengan garam dan sedikit lemon, diamkan sebentar, setelah itu ikan akan mengeluarkan air dengan sendirinya. Buang airnya, barulah di bumbui sesukanya. Air jeruk membuat ikan tambah lezat dan tak berubah warna saat digoreng.

v Kurangi makanan Anda dari minyak yang berlebihan. Sebelum diberi minyak, taburkan sedikit garam terlebih dahulu di penggorengan

v Tangan amis setelah masak ikan?? Bersihkan dengan odol..

v Wajan lengket saat menggoreng ikan ? Ambil kemiri, tumbuk, oleskan kepermukaan wajan secara merata, niscaya wajan tidak lengket

v Wajan yang lengket?? Buatlah orak arik telor dahulu. Masukkan 3 sdm minyak, dan 2 bj telor, buat orak arik, masak angkat, dan wajan siap dipakai menggoreng dan pasti tidak lengket lagi

v Sebelum ikan di goreng, balut (balurkan) ikan dengan tepung terigu terlebih dahulu, agar ikan tidak pecah saat di goreng, dan juga menyerap air yg ada pada ikan, sehingga pada saat digoreng minyaknya gak meletup-letup

v Jika minyak yang terlanjur panas, cenderung memercik ketika menggoreng makanan. Tipsnya masukkan sepotong jahe kedalam minyak panas, sebelum anda menggoreng sesuatu, niscaya minyak berhenti secara perlahan dan memberikan aroma sedap untuk masakan anda
Tips : Memasak daging kambing

v Rebus daging kambing atau domba bersama beberapa potong lobak, lalu setengah jam kemudian angkat dan keluarkan lobaknya

v Rebus 1 kg daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut.

v Masak 1 kg daging kambing dengan dimasukkan bersama bubuk kare 10 gr

v Masak 1 kg daging kambing dengan dimasukkan 200 gr tebu yang sudah dipotong-potong

v Rebus 1 liter air, setelah mendidih masukkan 1 kg daging kambing dan 50 gr cuka. Setelah mendidih, tiriskan daging kambing tersebut, dan dimasak ulang sesuai kehendak hati.

Tips : Memasak mie

v Jika memasak mi , agar airnya tidak tumpah keluar, tambahkan sesendok makan mentega atau minyak ke dalam air rebusan

v Untuk menghindari mie agar tidak lengket dan menjadi terlalu lembek, saat merebus mie, bubuhkan sedikit garam dan minyak sayur 1 sendok makan.

v Tips memilih Mi basah yang bagus kualitasnya, mudah dikenali dari aromanya. Mi biasanya tidak terlalu berminyak dan aormanya tepung dan telur, tidak ada aroma obat atau aroma menyengat lainnya. Jika belum diolah simpan dalam kulkas, karena mi ini tidak tahan lama disimpan lama.

v Tips memilih Memilih Suun yang Baik Mutunya . Suun terbuat dari tepung kacang hijau. Suun yang bagus, teksturnya lentur, bening warnanya dan bentuknya kecil panjang. Sedangkan suun yang kurang bagus keras, sulit dipotong dan kaku saat sudah lunak. Sebelum dipakai, rendam suun dalam air panas hingga lunak lalu tiriskan

Tips : Sanwich tetap enak

v Agar sandwich tetap enak, tidak basah atau lembek ketika akan dimakan siang hari, sebaiknya oleskan mayones atau saus lainnya di antara daging dan sayuran. Jangan langsung dioleskan di atas roti.

v Cara lain, bungkus secara terpisah sayuran dan saus (dressing). Baru dicampur dengan roti, ketika sandwich akan disantap.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.