March 27, 2013

Cocktail VS Mocktail


Hai pembaca? Apa kabarnya, semoga semakin sukses dan selalu bersinar yah J , dalam keadaan cuaca kota Pontianak yang dingin karena hujan ini saya jadi penasaran untuk membahas sesuatu. Apakah anda sudah sering mendengar istilah Cocktail dan Mocktail? Apa yang ada dipikiran yang langsung terlintas dibenak? Apakah satu baskom berisi bermacam potongan buah segar, sirup dan es?
 
Beberapa teman saya yang mendengar istilah cocktail langsung mengatakan hal yang sejenis dan merujuk pada padanan es buah. Seperti kita ketahui bahwa es buah yang dimaksud adalah potongan buah segar dicampur dengan sirup dan juga es batu. Apalagi kalau kita bertanya pada ibu-ibu, pasti jawabannya merujuk kesana sedangkan Mocktail sendiri banyak yang belum pernah mendengar.
 
Saya pun bermaksud mengumpulkan banyak informasi tentang kedua hal yang berbeda ini dan sering menjadi salah kaprah dikalangan kita. Saya coba hadirkan untuk pengunjung blog saya ini, harapannya semoga bisa memberikan pencerahan dan tentu saja kejelasan.
 
Cocktail sendiri merupakan campuran sari buah dengan berbagai jenis minuman beralkohol dan disajikan dalam gelas. Karena sebagian orang menghindari alkohol,maka di ciptakanlah Mocktail.
Mocktail adalah sari buah/jus buah yang di campur dengan berbagai macam minuman bersoda ringan.
Sajian di daerah tropis memang lebih enak untuk menikmati minuman yang dingin dan bersoda. Rasanya yang segar dengan campuran buah-buahan asam manis khas daerah tropis makin memperenak rasanya. Apalagi kalau dilihat cuacanya yang panas di bawah terik matahari, minuman ini makanya sering hadir di daerah pantai, salah satunya di Bali. Minuman buah bersoda ini pun menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun asing.
 
Namun dalam penyajiannya ternyata ada dua macam minuman buah bersoda tersebut. Awalnya hanya ada minuman jenis Cocktail. Minuman jenis ini adalah campuran sari buah dengan minuman beralkohol sehingga dapat menikmati hidangan minuman berat dengan rasa buah yang segar.

Karena isinya yang berakohol, akhirnya ada banyak permintaan untuk tidak adanya kandungan alkohol di dalam minuman agar tetap minuman bisa dirasakan oleh semua orang. Terciptalah jenis minuman sari buah yang dicampurkan dengan soda ringan dan topping buah-buahan, namanya pun tidak begitu berbeda, Mocktail. Rasanya yang enak dan segar serta tidak mengandung alkohol ini lebih digemari di Indonesia.
 
Jadi kita kini bisa memilih mau yang mengandung alkohol atau tidak dengan melihat jenis minumannya. Uniknya lagi jenis minuman Cocktail dan Mocktail adalah namanya yang dibuat unik agar penasaran dengan rasanya. Menu ini pun kini hadir tidak hanya di tempat makan yang bernuansa lounge saja, namun di restaurant-restaurant pun juga mulai memasukkan menu Mocktail untuk sensasi makan yang berbeda.

Masyarakat kini tahu kan bedanya minuman jenis Cocktail dan Mocktail. Jadi jangan sampai beranggapan keduanya mengandung alkohol, karena memang keduanya berbeda. Buat ang ingin menikmati buah bersoda bisa memilih Mocktail sedangkan kalau ingin sari buah beralkohol, pilihan jatuh kepada Cocktail.
 
Dibawah ini resep Mocktail yang mudah dan juga memiliki rasa yang enak. Mocktail ini bertemakan hijau yang beri nama Green Luck Mocktail. Resepnya sederhana hanya dengan menyediakan sepotong timun segar, potongan melon, sirup lemon, lemon, air soda ringan (bisa menggunakan sprite), dan es batu. Pertama timun dipotong tengahnya dan serut kasar. Lalu melon dipotong dadu kecil pada bagian yang empuknya. Siapkan lemon untuk perasan. Lalu siapkan gelas lalu masukkan es batu setengah gelas. Masukkan sirup melon hingga 1/5 gelas, lalu masukkan air soda ringan. Jangan diaduk, lalu masukkan potongan melon dan serutan timun, lalu peras lemon secukupnya di atas gelas. Sajian yang cantik dengan sedotan dan potongan lemon segar di bibir gelasnya. Untuk menikmatinya lebih tepat di siang hari, dengan rasa asam manis yang segar dijamin bikin ketagihan. So pilihan Mocktail untuk bersantai tepat buat yang sedang kehausan.
 
Nah, kalau misalnya anda tertarik untuk mencoba membuat minuman yang beralkohol coba saja dengan beberapa resep dibawah ini. Ngga apa apa kan menggunakan bahasa Inggris? Paling tidak membuat pengunjung blog saya bisa belajar dan berusaha mencari terjemahannya.

Alcoholic Party Beverages
White Sangria
This rendition of the party favorite incorporates Triple Sec, orange juice and lemon juice. Feel free to mix and match fruits based on what's in season and your flavor preferences.
 
Cran Razzy
You can't go wrong with this simple but tasty raspberry drink -- it's like a lighter, less tangy Cosmopolitan.

Tropical Rum Punch
The flavors of passion-fruit, mango and guava will make you feel like you're partying in the Caribbean (as does the gold rum).
 
Iced Vodka with Cucumber, Lemon and Mint
Vodka gives a kick to this refreshing drink made with fresh mint.

Rum Punch with Passion Fruit and Lime
Ginger adds a surprisingly spicy bite to this aromatic passion-fruit-based punch.

Summertime Quencher
With lots of interesting fruits (blackberries, cherries and kiwi), this wine-based beverage is like a lighter, more exotic sangria.

Four-Juice Holiday Punch
At its minimum, this party-ready punch serves 24. With cranberry, cran-raspberry, apple and lemonade juice concentrate, it'd be more appropriately titled "flavor explosion."
Non-Alcoholic Party Beverages
 
Nah berikutnya juga ada pilihan minuman tanpa alcohol yang juga mantap buat disajikan dicuaca panas disiang hari, ingin mencoba? Silakan saja . Mudah kok dan bisa dicoba buat sendiri

Raspberry Spritzer
This sparkling mocktail is like a raspberry version of a Shirley Temple, with the awakening addition of a sprig of mint.

Lemonade
Who doesn't love lemonade? This simple recipe calls for just three ingredients: lemon juice, sugar and water. Sweet, tart and to the point.
 
Peach Cooler
This peach-based cooler gets its kick from sparkling white grape juice instead of wine. And the slices of fresh peach are the perfect finishing touch.

Strawberry-Lemon Punch
The strawberry seeds give this blended punch that tongue-tickling texture we love in berry drinks. Prepare the frozen portion up to eight hours before guests arrive, and add the water and ginger ale before serving.
 
Lemon-Raspberry Iced Tea
This zesty-sweet iced tea can be made up to four days ahead of your party, so stock up the pitchers and save day-of prep for the hot stuff.